Inilah Yang Dilakukan Rasulullah Di Bulan Ramadhan

Mengikuti petunjuk Nabi صلي الله عليه وسلم yang mulia dalam melakukan ketaatan adalah hal yang sangat urgen, terlebih pada bulan Ramadhan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr0VJfDlLu4QR0mSEMBnwRhwl3h3WV5o_LEuJak4owfs_NMaRJKXYcY_Fv66xCwPQUSBYCxUEZiPxM-3PWb_41pamlOr_l-IrdSnN2I3RkiIWbarn1ny-vaD9xKSgvM4wpj8O9khkvlAXa/s1600/Meneladani-Rasulullah-dalam-Berpuasa.png

Motivation - Mengikuti petunjuk Nabi صلي الله عليه وسلم yang mulia dalam melakukan ketaatan adalah hal yang sangat urgen, terlebih pada bulan Ramadhan. Karena amal shalih yang dilakukan oleh seorang hamba tidak akan diterima kecuali jika dia ikhlash dan mengikuti petunjuk Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم. Jadi, keduanya merupakan rukun diterimanya amal shalih. Keduanya ibarat dua sayap yang saling melengkapi. Seekor burung tidak bisa terbang dengan menggunakan satu sayap.

Artikel ringkas ini, di bagikan semata - mata untuk mempelajari prilaku Rasûlullâh di bulan Ramadhân agar kita bisa meneladaninya. Karena orang yang tidak berada diatas petunjuk Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم di dunia dia tidak akan bisa bersama beliau صلي الله عليه وسلم di akhirat. Kebahagiaan tertinggi akan bisa diraih oleh seseorang ketika ia mengikuti petunjuk Rasûlullâh secara lahir dan batin. Dan seseorang tidak akan bisa mengikuti Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم kecuali dengan ilmu yang bermanfaat. Ilmu itu tidak akan disebut bermanfaat kecuali bila diiringi dengan amalan yang shalih. Jadi amalan shalih merupakan buah ilmu yang bermanfaat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTWRQDzrxwPE4f4VvnkVbvHNL_uI5I-ZTsoiEOuOe0cUuGs-lU6N1KOtEcoXhfdPvRJsuYVb1nkS9BSgSzYuH-mtshpfE-CzlV_OBVPTVYz0stjABWbiGv4bzbxYKDEZgqkLOkUALOt6u8/s1600/Rasulullah.jpg

Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan dan petunjuk Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم pada bulan Ramadhân :

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم tidak akan memulai puasa kecuali jika beliau sudah benar-benar melihat hilal atau berdasarkan berita dari orang yang bisa dipercaya tentang munculnya hilal atau dengan menyempurnakan bilangan Sya'bân menjadi tiga puluh.

  • Berita tentang terbitnya hilal tetap beliau صلي الله عليه وسلم terima sekalipun dari satu orang dengan catatan orang tersebut bisa dipercaya. Ini menunjukan bahwa khabar ahad bisa diterima.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم melarang umatnya mengawali Ramadhân dengan puasa satu atau dua hari sebelumnya kecuali puasa yang sudah terbiasa dilakukan oleh seseorang. Oleh karena itu, beliau n melarang umatnya berpuasa pada hari Syak (yaitu hari yang masih diragukan, apakah sudah tanggal satu Ramadhan ataukah masih tanggal 30 Sya'bân-red)

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم berniat untuk melakukan puasa saat malam sebelum terbit fajar dan beliau صلي الله عليه وسلم menyuruh umatnya untuk melakukan hal yang sama.

  • Hukum ini hanya berlaku untuk puasa-puasa wajib, tidak untuk puasa sunat.

  • Beliau صلي الله عليه وسلم tidak memulai puasa sampai benar-benar terlihat fajar shadiq dengan jelas. Ini dalam rangka merealisasikan firman Allâh عزّوجلّ :

    وَكُلُواْ وَاشْرَبُواْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

    "Dan makan serta minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar". (QS. al-Baqarah/2:187)

  • Beliau صلي الله عليه وسلم telah menjelaskan kepada umatnya bahwa fajar itu ada dua macam fajar shâdiq dan kâdzib. Fajar kadzib tidak menghalangi seseorang untuk makan, minum, atau menggauli istri. Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم tidak pernah ekstrem kepada umatnya, baik pada bulan Ramadhân ataupun bulan lainnya. Beliau صلي الله عليه وسلم tidak pernah mensyari'atkan adzan (pemberitahuan) tentang imsak.

  • Beliau صلي الله عليه وسلم menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur. Beliau صلي الله عليه وسلم bersabda :

    لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

    "Umatku senantiasa baik selama mereka menyegerakan berbuka"

  • Jarak antara sahur Rasûlullâh dan iqâmah seukuran bacaan lima puluh ayat

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم memiliki akhlak yang sangat mulia. Beliau صلي الله عليه وسلم adalah orang yang paling mulia akhlaknya. Bagaimana tidak, akhlak beliau adalah al-Qur'ân, sebagaimana diceritakan oleh Aisyah رضي الله عنها. Beliau صلي الله عليه وسلم sangat menganjurkan umatnya untuk berakhlak mulia, orang-orang yang sedang menunaikan ibadah berpuasa. Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم bersabda :

    مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لِلَّهِ حَاجَةٌ فِي أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

    "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkatan dan perbuatan dusta, maka tidak membutuhkan puasanya sama sekali".
  • Rasûlullâh sangat memperhatikan muamalah yang baik dengan keluarganya. Pada bulan Ramadhân, kebaikan beliau صلي الله عليه وسلم kepada keluarga semakin meningkat lagi.

  • Puasa tidak menghalangi beliau untuk sekedar memberikan kecupan manis kepada para istrinya. Beliau صلي الله عليه وسلم adalah orang yang paling kuat menahan nafsunya.

  • Beliau صلي الله عليه وسلم tidak meninggalkan siwak, baik di bulan Ramadhân maupun diluar Ramadhân guna membersihkan mulutnya dan upaya meraih keridhaan Allâh عزّوجلّ.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم pernah berbekam padahal beliau صلي الله عليه وسلم sedang menunaikan ibadah puasa. Beliau صلي الله عليه وسلم membolehkan umatnya untuk berbekam sekalipun sedang berpuasa. Pendapat yang kontra dengan ini berarti mansukh (telah dihapus).
  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم pernah berjihad pada bulan Ramadhân dan menyuruh para shahabatnya untuk membatalkan puasa mereka supaya kuat saat berhadapan dengan musuh.

  • Diantara bukti Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم sayang kepada umatnya yaitu beliau صلي الله عليه وسلم membolehkan orang yang sedang dalam perjalanan, orang yang sakit dan orang yang lanjut usia serta wanita hamil dan menyusui untuk membatalkan puasanya.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan ibadah pada bulan Ramadhân bila dibandingkan dengan bulan-bulan lain, terutama pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhân untuk mencari lailatul qadr.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم beri'tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhân kecuali pada tahun menjelang wafat, beliau صلي الله عليه وسلم beri'tikaf selama dua puluh hari. Ketika beri'tikaf, beliau صلي الله عليه وسلم selalu dalam keadaan berpuasa

  • Ramadhân adalah Syahrul Qur'ân (bulan al-Qur'ân), sehingga tadarus al-Qur'ân menjadi rutinitas beliau, bahkan tidak ada seorangpun yang sanggup menandingi kesungguh-sungguhan beliau صلي الله عليه وسلم dalam tadarus al-Qur'ân. Malaikat Jibril عليه السلام senantiasa datang menemui beliau صلي الله عليه وسلم untuk tadarus al-Qur'ân dengan Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم adalah orang yang dermawan. Kedermawanan beliau صلي الله عليه وسلم di bulan Ramadhân tidak bisa digambarkan dengan kata-kata. Kedermawanan beliau صلي الله عليه وسلم ibarat angin yang bertiup membawa kebaikan, tidak takut kekurangan sama sekali.

  • Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم adalah seorang mujahid sejati. Ibadah puasa yang sedang beliau صلي الله عليه وسلم jalankan tidak menyurutkan semangat beliau untuk andil dalam berbagai peperangan. Dalam rentang waktu sembilan tahun, beliau mengikuti enam pertempuran, semuanya terjadi pada bulan Ramadhân. Beliau صلي الله عليه وسلم juga melakukan berbagai kegiatan fisik pada bulan Ramadhân, seperti penghancuran masjid dhirâr,   penghancuran berhala-berhala milik orang Arab, penyambutan duta-duta, penaklukan kota Makkah, bahkan pernikahan beliau dengan Hafshah

Intinya, pada masa hidup Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم, bulan Ramadhân merupakan bulan yang penuh dengan keseriusan, perjuangan dan pengorbanan. Ini sangat berbeda dengan realita sebagian kaum Muslimin saat ini yang memandang bulan Ramadhân sebagai saat bersantai, malas-malasan atau bahkan bulan menganggur atau istirahat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJHYYIOI8aXiomPq8ZWYxkY70P_QtCj1gV3ageYspFDcuRqOe2zfg7CW7jXZVGzBq_UXX4izO9TodJIOHEHkYwaz675chfowA5DOR4bu1RjRVBZZwf0r8FW_c6x-vHd_JbAbZpeYakAA53/s1600/Sabda+Rasulullah.jpg

Semoga Allâh عزّوجلّ memberikan taufik kepada kita untuk selalu mengikuti jejak Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم, hidup kita diatas sunnah dan semoga Allah عزّوجلّ mewafatkan kita juga dalam keadaan mengikuti sunnah Rasûlullâh صلي الله عليه وسلم.

We Hope You Can Satisfied

COMMENTS

Name

Aktor Indonesia,2,Aktris Indonesia,14,Android,15,Animasi,1,Anime,28,Aplikasi,2,Arsitektur,1,Artikel,95,Artikel Bugis,8,Artikel Islami,41,Berita,8,Chineese,2,Desain,1,Elektro,2,Elektronika,2,Film,13,Film Barat,8,Film Indonesia,3,Games,4,Home,1,Image Only,11,Industri,1,IOS,3,Java,1,Kesehatan,71,Komik,50,Komik Lucu Bahasa Indonesia,50,Kontes Menulis,1,Kontes SEO,11,Kuis,1,Kuliah,1,LightHOUSE Indonesia,1,Matematika,1,Models,3,Olahraga,49,Profil Artis,18,Review,3,Review Blog,8,Review Games,3,SEO,11,Sepak Bola,60,Simulasi,1,Smartphone,2,Software,1,Story,1,Teknologi,74,Telekomunikasi,1,Template Blog,8,Tes,1,Tips Blogging,13,Tips dan Trik,23,Tokoh,18,Top 10,142,Top 5,28,Tutorial Blog,95,Unik,370,
ltr
item
UShare Blog: Inilah Yang Dilakukan Rasulullah Di Bulan Ramadhan
Inilah Yang Dilakukan Rasulullah Di Bulan Ramadhan
Mengikuti petunjuk Nabi صلي الله عليه وسلم yang mulia dalam melakukan ketaatan adalah hal yang sangat urgen, terlebih pada bulan Ramadhan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr0VJfDlLu4QR0mSEMBnwRhwl3h3WV5o_LEuJak4owfs_NMaRJKXYcY_Fv66xCwPQUSBYCxUEZiPxM-3PWb_41pamlOr_l-IrdSnN2I3RkiIWbarn1ny-vaD9xKSgvM4wpj8O9khkvlAXa/s1600/Meneladani-Rasulullah-dalam-Berpuasa.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr0VJfDlLu4QR0mSEMBnwRhwl3h3WV5o_LEuJak4owfs_NMaRJKXYcY_Fv66xCwPQUSBYCxUEZiPxM-3PWb_41pamlOr_l-IrdSnN2I3RkiIWbarn1ny-vaD9xKSgvM4wpj8O9khkvlAXa/s72-c/Meneladani-Rasulullah-dalam-Berpuasa.png
UShare Blog
http://utility-share.blogspot.com/2015/07/inilah-yang-dilakukan-rasulullah-di-bulan-ramadhan.html
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/2015/07/inilah-yang-dilakukan-rasulullah-di-bulan-ramadhan.html
true
7805869321094886971
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content