Mengenal Penyakit Trypophobia

Know Disease Trypophobia

Motivation - Coba anda cari di google image dengan keyword Trypophobia, Apa yang anda lihat? Nah, Melihat ada kata phobia yang ada dalam Trypophobia, maka pasti anda sudah mengetahui bahwa penyakit tersebut merupakan penyakit akan rasa takut. Namun Trypophobia ini memiliki rasa takut seperti apa? mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Apakah Yang dimaksud dengan Trypophobia?

http://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html

Phobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau fenomena. Tripophobia dianggap sebagai perasaan takut berlebihan pada lubang-lubang kecil dalam cluster asimetris. Jika anda merasa takut, merinding, gatal dan tidak nyaman melihat lubang-lubang kecil seperti sarang lebah madu, jamur, biji bunga teratai,  gelembung, atau terumbu karang bisa jadi anda menderita trypophobia.

BACA JUGA : Menghilangkan Phobia Dalam Waktu 3 Jam

Kebanyakan penderita trypophobic mulai merasa tidak nyaman, aneh, merinding bahkan gatal di seluruh tubuh, setelah mereka melihat lubang-lubang kecil. Saat ini, trypophobia digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan pada lubang di kulit termasuk pori-pori.

http://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html

Lubang kecil pada pori kulit menjadikan orang trypophobic menjadi stres, karena mereka percaya bahwa lubang tersebut akan tumbuh dan menjadi lubang besar di kulit. Ada beberapa kasus bahwa orang orang dengan trypophobia menjadi paranoid setelah tergigit serangga karena mereka berpikir gigitan tersebut akan membesar.

Meskipun banyak orang yang mengaku menderita trypophobia tetapi pihak American Psychiatric Associationâs Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders tidak mengakui kondisi tersebut sebagai fobia yang sesungguhnya.

http://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html

adapun yang mengatakan bahwa gejala ini timbul melalui dari rasa jijik akibat melihat benda berlubang kecil. Adalah reaksi bawah sadar seseorang akibat rasa takut terhadap penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang sebagian orang menganggapnya menjijikkan.

Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan Trypophobia?
Seperti halnya phobia-phobia yang lain, Phobia jenis ini juga dapat dihilangkan melalui Berbagai macam terapi, yaitu,

Terapi Perilaku 

menjalani terapi memungkinkan seorang individu untuk berubah dan mampu mengontrol perilaku yang tidak diinginkan. Melalui terapi, orang bisa belajar bagaimana mengatasi trypophobia terutama ketika mereka melihat lubang-lubang kecil.

Terapi Kognitif

tujuan terapi ini kepada orang-orang trypophobic adalah untuk mengubah pola berpikir ketakutan yang tidak produktif. Penderita meneliti perasaan mereka kembali dan berusaha untuk memisahkan antara yang nyata dan tidak.

CBT atau Cognitive Behavior Therapy.

ada beberapa terapis yang menggunakan campuran dari dua terapi diatas untuk menyembuhkan trypophobia. Penderita diajari keterampilan pemulihan yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

NLP atau Neuro-Linguistic Programming

Dalam metode ini, orang yang terkena trypophobe pikirannya dalam melihat sesuatu diprogram ulang untuk mengurangi fobia. Ini jenis intervensi yang cepat dan efisien dalam menyembuhkan trypophobia. Selain itu, keterlibatan yang juga langsung dan mudah untuk diaplikasikan.

http://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html

Jika Anda berpikir Anda memiliki rasa takut terhadap lubang-lubang kecil atau trypophobia, lebih baik bahwa Anda menjalani salah satu perawatan yang disebutkan di atas untuk mengatasi fobia kecemasan yang Anda miliki.

BACA JUGA : Menghilangkan Phobia Dalam Waktu 3 Jam

We Hope You Can Satisfied

COMMENTS

BLOGGER: 7
  1. Gambarnya medeni gan, merinding nih.

    ReplyDelete
  2. sedikit merinding nih tapi untung nya enggak terlalu parah, kalau parah bahaya tuh

    ReplyDelete
  3. Jangan kuatir bagi yang menderita karena Trypophobia..

    Saya juga sebelumnya seorang penderita yang parah.. Setelah melihatnya saya terus dihantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari dan membuat saya gelisah bahkan sampai terbawa mimpi..

    Tapi saya punya keinginan yang sangat kuat untuk sembuh.. Makanya saya Google semua situs yang berhubungan dengan Trypophobia dan memaksakan diri untuk memandang setiap gambar yang ada dalam situs-situs tersebut dengan seksama bahkan saya zoom untuk melihat detailnya..

    Pada dasarnya gambar-gambar tersebut adalah hasil rekayasa gambar atau yang biasa disebut gambar photoshop.. Tidak ada yang betulan.. Kalau toh ada yang natural justru biasanya tidak terlalu mengerikan.. Karena logikanya hanya orang bodoh yang mau membiarkan tubuhnya sampai bolong-bolong begitu tanpa diobati secepatnya kan..

    Alhasil, setelah tiga hari berturut-turut saya 'pantengi' gambar-gambar tersebut, sekarang saya jadi biasa aja bahkan suka tertawa geli kalau melihatnya lagi sambil berpikir.. 'kog ada aja orang yang sempet-sempetnya bikin gambar-gambar tersebut.. over creative, kali yaa...' Hehehe.....

    Selamat mencoba dan semoga segera sembuh...

    ReplyDelete
  4. ngeri liatnya gan.. jadi gatel2 juga dahh.. X_X

    ReplyDelete

Name

Aktor Indonesia,2,Aktris Indonesia,14,Android,15,Animasi,1,Anime,28,Aplikasi,2,Arsitektur,1,Artikel,95,Artikel Bugis,8,Artikel Islami,41,Berita,8,Chineese,2,Desain,1,Elektro,2,Elektronika,2,Film,13,Film Barat,8,Film Indonesia,3,Games,4,Home,1,Image Only,11,Industri,1,IOS,3,Java,1,Kesehatan,71,Komik,50,Komik Lucu Bahasa Indonesia,50,Kontes Menulis,1,Kontes SEO,11,Kuis,1,Kuliah,1,LightHOUSE Indonesia,1,Matematika,1,Models,3,Olahraga,49,Profil Artis,18,Review,3,Review Blog,8,Review Games,3,SEO,11,Sepak Bola,60,Simulasi,1,Smartphone,2,Software,1,Story,1,Teknologi,74,Telekomunikasi,1,Template Blog,8,Tes,1,Tips Blogging,13,Tips dan Trik,23,Tokoh,18,Top 10,142,Top 5,28,Tutorial Blog,95,Unik,370,
ltr
item
UShare Blog: Mengenal Penyakit Trypophobia
Mengenal Penyakit Trypophobia
Know Disease Trypophobia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghzviICx7QXCPimiBRtppWRKurLedbD6dHMQZRLo823Mrtvt-3aGpjhPScU5jwHIKQCeIG4KWExVwdfeBIzZ1oqcuXSLyi-akgcBwkpK4g2H3yq7mxAe_bzVSa7LNtVCG-Ied72S3hngU/s1600/Trypophobia+Mengerikan.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEghzviICx7QXCPimiBRtppWRKurLedbD6dHMQZRLo823Mrtvt-3aGpjhPScU5jwHIKQCeIG4KWExVwdfeBIzZ1oqcuXSLyi-akgcBwkpK4g2H3yq7mxAe_bzVSa7LNtVCG-Ied72S3hngU/s72-c/Trypophobia+Mengerikan.jpg
UShare Blog
https://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html
https://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/2015/02/mengenal-penyakit-trypophobia.html
true
7805869321094886971
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content