Hijrah ke Youtube Atau Nggak?

Anda lebih suka menulis atau membuat video?

Foto Hijrah ke Youtube Atau Nggak?

Motivation - Melihat perkembangan dan eksistensi youtube yang berkembang pesat membuat beberapa blogger tergiur dan akhirnya mereka hijrah ke youtube. Lalu bagaimana dengan blog mereka? Beberapa blogger terkadang masih mengaitkan artikel mereka dengan video yang mereka publish di channel youtube mereka, namun ada juga yang sudah meninggalkan dunia bloggingnya dikarenakan mereka lebih tertarik untuk membuat video dibanding menulis sebuah artikel.

Yah, hal itu memang tidak bisa dipaksakan karena setiap orang memiliki pilihan masing - masing, karena baik blogger maupun youtuber, itu bisa membuat anda sukses, tergantung dengan cara anda mengolahnya.

Di artikel kali ini saya juga akan membuat perbandingan yang cukup menarik antara blog dan youtube, bagaimana jadinya jika anda adalah seorang blogger yang ingin hijrah ke youtube dan sebaliknya. 

1. Pertama, Blog itu Buat Anda yang Suka Nulis dan Youtube itu Buat Anda yang Suka Bikin Video.

Blogger

Anda tentunya sudah tahu bahwa jika anda merupakan seorang blogger, yang anda lakukan adalah publish artikel berisi konten-konten menarik berupa teks, gambar dan video yang tujuannya tidak lain disajikan untuk membuat pembaca anda tidak cepat bosan di blog anda. Gagasan dan Ide anda bisa anda salurkan melalui tulisan yang anda buat. Tentunya, menjadi seorang blogger tidak mengharuskan anda untuk pandai berbicara.

Youtube

Menjadi seorang youtube akan membuat anda menunjukkan seberapa tingkat kecerdasan dan keunikan anda membuat sebuah video berdurasi bebas. Beberapa orang yang sukses di youtube terkadang memiliki aksen (cara berbicara) yang unik. Sehingga orang yang mendengarkan dan melihat videonya tidak cepat bosan. Beberapa pemula memulai membuat videonya dengan berisi keseharian mereka, ada juga beberapa yang merekam reaksi mereka saat bermain game atau mereview sesuatu.

2. Kedua, Fakta : Lebih Susah Membuat Blogger Daripada Channel Youtube.

Blogger

Fakta membuktikan bahwa di era sekarang, beberapa orang sangat malas membaca. Hal inilah yang membuat seorang blogger sangat sulit untuk berkembang dikala mereka baru membangun blog. Itu dikarenakan setelah mereka membuat artikel yang begitu panjang, sangat sedikit bahkan bisa saja tidak ada yang membaca artikel mereka. Yah, memang promosi sangat diperlukan, namun terkadang jika kita mempromosikan sebuah artikel diblog, hanya beberapa yang akan di respon, beberapa diantaranya adalah artikel yang kategorinya menarik dan membahas tentang hal dewasa. Maka dari itu, akhirnya banyak yang menyalahgunakan blogger untuk menampilkan konten - konten yang tidak segar dan berbau pornografi untuk meraup uang yang tidak halal.

Youtube

Membuat video memang mudah, namun membuatnya menarik itu tidak mudah. Walau seperti itu, tetap saja banyak orang yang mengandrungi dunia youtube ini, terutama anak - anak muda. Membangun sebuah channel youtube, bisa dibilang hampir sama sulitnya dengan membangun sebuah blog. Video - video yang kita miliki harus unik, salah satu caranya ialah dengan membuat judul video kita menjadi unik agar bisa mendapatkan klik dari orang-orang. Tujuannya tidak lain tentu saja untuk mendapatkan subscriber yang banyak. Mempromosikan video pun bisa dibilang cukup mudah, karena, orang akan lebih suka melihat sebuah tontonan dibandingkan membaca sebuah tulisan. Bisa dibilang, banyak juga yang menyalahgunakan youtube dengan menampilkan video - video yang tidak pantas untuk di tonton.

3. Ketiga, Blogger diperuntukkan untuk Orang Kelas Menengah dan Youtube untuk Kelas Atas

Blogger

Keuntungan menjadi seorang blogger dibanding youtube adalah anda akan lebih menghemat kuota. Karena anda tidak perlu upload video yang ukuran filenya bisa mencapai ratusan hingga ribuan megabyte.

Youtube

Bisa dibilang, youtube diperuntukkan bagi orang - orang yang memiliki akses jaringan wifi di rumahnya. Karena anda akan tahu apa yang terjadi jika mereka menggunakan modem untuk mengupload sebuah video.

---

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk hijrah ke youtube atau tetap di blog anda. Saran saya adalah lakukan sesuatu yang sesuai dengan passion dan keinginan anda, jika anda suka menulis anda lebih baik menjadi seorang blogger, dan jika anda suka membuat video, tentunya anda merupakan orang yang sudah siap untuk membuat sebuah channel youtube.

Kesimpulannya ialah anda bebas memilih untuk menjadi apa saja, apakah anda ingin menjadi seorang blogger, atau youtuber. Dan perlu anda ketahui bahwa kunci utama kesuksesan anda berada dalam kualitas yang anda berikan pada orang lain.

We Hope You Can Satisfied

COMMENTS

BLOGGER: 3
  1. dari beberapa masukan guru saya, sekarang orang cenderung beralih ke video dari pada text. Simple sih, orang males sekarang malas membaca lebih seneng noton. apalagi sekarang tayangan tv indonesia lagi kacau balau, nggk ada bagusnya. berita pun sama aja, seperti setingan banget. banyak unsur politik.

    nah maka dari itu banyak bermunculan vlogger2 muda yang menghiasi youtube indonesia. Tapi tetep modal main youtube gede, ya kuota internet, pc high end buat edit video trus camera. kalau blog mah tinggal modal laptop internet sudah jalan. kita bisa tulis sesuka hati. Tapi keunggulan dari video adalah ke unikan. Tiap orang mesti punya gaya tersendiri untuk membahas sesuatu. kalao blog monoton yang di tulis itu2 aja.

    masala earning sih ane doyan youtube meskipun ane mainnya reupload. udah PO 1 kali alhamdullillah.

    my blog

    ReplyDelete
  2. blogger dan youtube memiliki jalan yang tersendiri
    kalau saya sih lebih suka ngeblog aja, karena blog lebih simpel dan hemat kuota bagi pembacanya :D

    ReplyDelete

Name

Aktor Indonesia,2,Aktris Indonesia,14,Android,15,Animasi,1,Anime,28,Aplikasi,2,Arsitektur,1,Artikel,95,Artikel Bugis,8,Artikel Islami,41,Berita,8,Chineese,2,Desain,1,Elektro,2,Elektronika,2,Film,13,Film Barat,8,Film Indonesia,3,Games,4,Home,1,Image Only,11,Industri,1,IOS,3,Java,1,Kesehatan,71,Komik,50,Komik Lucu Bahasa Indonesia,50,Kontes Menulis,1,Kontes SEO,11,Kuis,1,Kuliah,1,LightHOUSE Indonesia,1,Matematika,1,Models,3,Olahraga,49,Profil Artis,18,Review,3,Review Blog,8,Review Games,3,SEO,11,Sepak Bola,60,Simulasi,1,Smartphone,2,Software,1,Story,1,Teknologi,74,Telekomunikasi,1,Template Blog,8,Tes,1,Tips Blogging,13,Tips dan Trik,23,Tokoh,18,Top 10,142,Top 5,28,Tutorial Blog,95,Unik,370,
ltr
item
UShare Blog: Hijrah ke Youtube Atau Nggak?
Hijrah ke Youtube Atau Nggak?
Anda lebih suka menulis atau membuat video?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9Pu5NUZ-9RudlgwiveCiTW5Mgr0STifqwdW-gY9xuWhc66eUurNsnTyJdKNmx_NASONyiajtKEcm_XbnQmjGac5SGbUYkBzobKd4_KA-Im74rRvFIMCyuIiGcnuvBxwd8lA9K2I7UmMJP/s640/HIJRAH+KE+YOUTUBE.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9Pu5NUZ-9RudlgwiveCiTW5Mgr0STifqwdW-gY9xuWhc66eUurNsnTyJdKNmx_NASONyiajtKEcm_XbnQmjGac5SGbUYkBzobKd4_KA-Im74rRvFIMCyuIiGcnuvBxwd8lA9K2I7UmMJP/s72-c/HIJRAH+KE+YOUTUBE.jpg
UShare Blog
http://utility-share.blogspot.com/2016/06/hijrah-ke-youtube.html
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/2016/06/hijrah-ke-youtube.html
true
7805869321094886971
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content