Ketahui 10 Dampak Negatif Yang Disebabkan Oleh Rokok

Rokok akan membuat hidup anda menjadi jauh dari yang namanya hidup sehat. Saya juga mengutip "Bukan hanya anda perokok yang akan menerima dampaknya, namun orang yang juga berada disekitar anda akan ikut menerima dampaknya", Maka dari itu, sayangilah mereka yang berada disekitar anda. Nah, apa sajakah dampak negatif atau bahaya dari rokok?

Motivation - Di artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai rokok yang ternyata juga memiliki manfaat bagi manusia. Pada kali ini saya akan kembali membahas tentang rokok, namun bukan dari segi positifnya, melainkan dampak negatif dari rokok atau bahaya yang ditimbulkan oleh rokok kepada seorang perokok.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYT339Dl2pQWAjbHjC-VhAT4gb2almNh-UawiFX1U3Oz99mzMZmS_zEBKQ3jIcc3p03m0IjFNoZmxEfCTVhEldXf92ggaQzs_iQFd2hBFbEgl8E26AIrNBOZPqTKoLyZ20gyzXifkjbK0I/s320/10+Dampak+Negatif+Rokok.jpg

1 kalimat yang saya sangat sukai dari seorang perokok adalah, jika anda bertanya "kenapa anda merokok" maka mereka akan menjawab "merokok atau tidak merokok itu sama saja, sama-sama akan mati". Apa yang mereka katakan betul, namun ketahuilah, rokok akan membuat hidup anda menjadi jauh dari yang namanya hidup sehat. Saya juga mengutip "Bukan hanya anda perokok yang akan menerima dampaknya, namun orang yang juga berada disekitar anda akan ikut menerima dampaknya", Maka dari itu, sayangilah mereka yang berada disekitar anda. Nah, apa sajakah dampak negatif atau bahaya dari rokok?

10. Membuat Mata Buta


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyC_6Bgo6hqqppp30-tvizGprWXng51qG_VxiG_8Y_qXBkFqzjziNKGFVkGw8R663S-CzOqpSDpsUkoepxAtpn4vNzVo9Ir1IEkFo688wbBQpUt3PlFouSsBogmrcNabnfzu_EzVJwrT0K/s320/blind.jpg

Mungkin bagi kebanyakan orang, merokok hanya dapat mebahayakan paru-paru saja tapi ternyata beberapa riset yang dilakukan oleh peneliti di CDC (Centers for Disease Control) mengatakan hal lain yang tidak akan Anda sangka. Berdasarkan riset-riset diketahui bahwa ternyata asap rokok tidak hanya berbahaya bagi paru-paru namun juga dapat membahayakan kesehatan mata. Menurut CDC, asap rokok dapat meningkatkan resiko penyakit katarak, degenerasi makular, dan juga kerusakan saraf optik yang akhirnya dapat berujung dengan kebutaan.

9. Membuat Napas Bau


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0TV6lD5O5eWGReL8bSnAql0liE5Dfe4DL0CjZCx299Z830Wk0KBJ7eKfa3XoFP5mNO6AM20nPCf9TZ3bzvrXSh1ZXsZibbISRCdD-oOmGBqDn_i-CJXn7IyeKDH5TfbjuZfkNyRKTx4QM/s320/bad-breath.jpg

Ini bukanlah hal yang baru lagi. Salah satu alasan mengapa para perokok sering dihindari dan dipandang buruk adalah karena sederhanya mereka memiliki nafas yang tidak sedap alias bau. Tapi bukan hanya bau rokok, melainkan juga ternyata rokok dapat menyebabkan bau mulut parah yang sulit untuk dihilangkan.

Selain diketahui dapat membunuh bakteri baik yang ada di dalam mulut, merokok juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan infeksi tenggorokan yang akhirnya mengarah aroma tidak sedap pada rongga mulut. Alasan lain dari bau mulut ini adalah karena rokok dapat menyebabkan sariawan, serta langit-langit mulut para perokok akan sering tertutup residu rokok yang menyebabkan bintik-bintik merah di langit-langit mulut.

8. Membuat Noda Pada Gigi


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVXWd9OCMH8uD8-2tfN_ke4_kZRb152eaHbB9KeHqtqJ4vzAh7NN5WJGq8mz2dhNZEew3wrCCDcqNcP6BIanatWKGyY2uP4ArEQiAdbI1tJ4igIGMKwz4lVBt_vvDLiosv-v4EJOIp_BAr/s320/noda-gigi.jpg

Rokok itu mengandung tar dan itulah hal yang paling sering dibicarakan sebagai salah satu materi rokok paling berbahaya. Tar sendiri merupakan sejenis bahan kimia yang juga dapat ditemukan pada batu bara, kayu, hingga gambut. Pada mulut manusia, Tar akan melekat di gigi dan hal itu tidaklah mudah untuk dihilangkan baik dengan sikat gigi ataupun berkumur. Inilah alasannya mengapa biasanya para perokok akan memiliki noda-noda rokok pada gigi mereka.

Selain meninggalkan warna kuning pada gigi, merokok juga dapat meningkatkan produksi air liur yang menyebabkan Tar tersebut semakin tersebar di dalam mulut. Ini juga alasan mengapa para perokok sering meludah.

7. Membuat Tulang Rapuh


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjacIhIH4Vbh22q1IqugTE-gFUQnCk3gvzpr2lnnErzHUCNha8PE_mR3IlE82Yk6Lix1pFLAiBeMQUfx-70nG5pQmHr93JryeDWne73Fmk6MKpZt_ddsJa_dg_ntqVI29yt3PYKCKkCbG07/s320/bones.jpg

Beberapa studi yang telah dilakukan menemukan bahwa merokok dapat mengurangi jumlah kalsium pada tulang. Berkurangnya jumlah kalsium dapat mengakibatkan kepadatan tulang akan semakin berkurang dan mengakibatkan salah satu penyakit tulang yang paling sering terdengar, yaitu osteoporosis serta nyeri sendi. Kekurangan kalsium juga dapat mengakibatkan berkurangnya kekuatan gigi di rahang bagian bawah.

Selain mengakibatkan tulang yang rentan patah, penyembuhan luka atau cidera dari para perokok juga biasanya akan lebih lama jika dibandingkan dengan non-perokok. Pada wanita merokok juga dapat mempengaruhi hormon estrogen. Salah satu manfaat dari hormon estrogen ini sendiri adalah untuk wanita yang sudah berumur, mereka dapat mencegah terjadinya retak pada tulang.

6. Disfungsi Ereksi


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAHB21fIZpX2dS_5NVyN7XWysb8SIa7K6CV_YSeoh3zNrpUqWN40fsr261OEwH9a5NrW8PL7OX9vErxWRQ6VB_1xX5DgZnjIw3MzWT1z1Z1NwBibv2b6NWe-iFWS1AHu2-1QouXYYDz_QC/s320/erectile-dysfunction.jpg

Apabila Anda adalah perokok dan mulai merasakan sulitnya ereksi maka ada kemungkinan bahwa rokoklah yang menjadi penyebab utama susahnya ereksi. Sulitnya ereksi pada pria ini terjadi karena rokok menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah yang mengarah langsung kepada sulitnya mempertahankan ereksi (karena merokok menurunkan sirkuliasi darah pada penis). Zat kimia yang terkandung dalam rokok juga mempengaruhi sirkulasi darah yang menuju penis, serta juga menyebabkan terjadinya penyumbatan di arteri yang menghambat aliran darah ke bagian intim para pria.

5. Menyebabkan Ejakulasi Dini dan Masalah Libido


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjEb6qCfuSN2TkvQoJYQt8k2TKhcs67yJao4m-dif_CdOie84VzPDFClRxN2_eZRH7SC59zT-bZ_PW_wKzHk5siNUp16bvTmt2X2-CFJVMmZWzG1j6SyHRV8s-qDKEJWG5ogzoAI9yAPQvo/s320/premature-ejaculation.jpg

Masih terkait dengan hal seksual. Merokok dapat menyebabkan apa yang disebut dengan ejakulasi dini. Ejakulasi dini sendiri adalah kondisi umum yang biasanya dialami oleh kebanyakan pria berumur, tapi ternyata kasus ejakulasi dini cukup sering ditemukan pada pria muda yang senang merokok. Alasan ejakulasi dini dapat terjadi adalah karena merokok dapat mengganggu sirkulasi darah, menurunkan ketahanan kelamin pria, penyakit jantung, serta stamina yang berkurang. Bila semua faktor tersebut digabung menjadi satu maka akan berakibat terganggunya sistem reproduksi laki-laki yang berakhir dengan ejakulasi dini. 

Di samping itu, penelitian yang dilakukan di University of Arizona menyatakan bahwa selain mempengaruhi stamina pria, merokok juga secara langsung dapat mempengaruhi gairah seksual pria. Studi lain yang serupa juga dilakukan di University of Kentucky menemukan bahwa pria perokok baik walaupun mereka masih muda, akan mengalami kurangnya rasa tertarik untuk melakukan aktivitas seksual ketimbang pria yang idak merokok.

4. Merusak Paru-Paru


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigJuXZKzhhycUdgt-mezeGGXyOk29Dvkl-Us0h-XJsGMSe3gH4ES5rJ0avkXhyuvL6vd-nWvEuOABtgKtMOLOcQrBuKG5BcADUXheMTHjfUZLiuVe_pPqtLKS19-Tb88K9WGXgOP5DT7DX/s320/lungs.jpg

Di dalam rokok ada banyak sekali berbagai zat kimia berbahaya yang dapat melekat ke paru-paru, sirkulasi udara manusia, dan keseluruhan tubuh. Mudahnya, Anda dapat melihat perbandingan antara paru-paru sehat dan paru-paru perokok pada gambar di atas. Zat-Zat yang melekat pada paru-paru tersebut dapat menyebabkan penyumbatan sehingga menyebakan kesulitan bernapas serta menurunkan fungsi paru-paru dalam mempertahankan asupan oksigen di tubuh kita.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru seperti COPD (Chronic Obstructive Pulmonary Disease), empisema, bronkitis kronis, infeksi paru-paru, asma, dan juga meningkat resiko seseorang terserang TBC.

3. Melemahkan Jantung


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_3Mz_pxqYt-Ykk8svBzT14bAfd07HR-EAl2em8gV-iHLUJ9TnFjF12ivFQjwU7uSpZu0dj1FKu95tM468g9Fr5OkO4Us3Rt-sTEAjRX1ff7Br6B7G7XaZ0kWJPwXh3CJ-Ck9i_yk0orbx/s320/hearts.jpg

Selain paru-paru, rokok juga berpengaruh besar pada jantung manusia. CDC mengatakan bahwa seorang perokok memiliki resiko sampai 4 kali lebih besar terserang penyakit jantung koroner dan stroke dibandingkan orang yang tidak merokok. Alasannya adalah karena zat kimia yang terkandung pada rokok dapat membuat darah menjadi lebih kental yang dapat berujung terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Rokok juga dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah serta turunnya tekanan darah.

Jadi bayangkan sebuah kondisi dimana pembuluh darah yang menyempit, darah yang kental, teknan darah yang berkurang, serta penyumbatan-penyumbatan pada aliran-aliran darah. Apa yang akan terjadi?

2. Menyebabkan Keriput dan Penuaan Dini


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjW3tIICx6hMVHmtGex0MCGuozHf_ISDD20niZ_mFWemnahfIZf8BQhHSZT_Quhy8hxcP1K-z0HN5TsyXetqSOOjpusPOYZuOAuqdGiZz-RgwDeOnMGwfpaM5XE_cli4fVaCTgIby_R-6Ck/s320/wrinkle.jpg

Setiap manusia pasti akan menjadi tua dan hal itu tidak dapat dipungkiri, namun kita terus berusaha untuk melawannya. Baik dengan menggunakan krim wajah, diet, hingga operasi plastik semua itu adalah salah satu bentuk dari cara-cara manusia untuk melawan penuaan. Tapi tahukah Anda bahwa berbagai cara itu tidaklah akan efektif jika Anda merokok, hal ini karena merokok akan menyebabkan keriput dan penuaan dini. Merokok dapat menyebabkan kerutan-kerutan pada wajah, mata bengkak, kulit kusam, kering dan tidak cerah. 

Alasan dari semua ini adalah karena zat kimia pada rokok dapat menganggu sirkulasi darah di kulit. Aliran darah dan oksigen menjadi terganggu, sehingga membuat kulit terlihat kusam dan munculnya keriput sebagaimana terjadi juga pada orang tua.

1. Rokok Menyebabkan Kanker


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifMNci4WwuVer4fta1orsMXzRfbtKsA69gRUA0ebaRf9iWR84pc7wywIul-2Na3ze17TaarfbWf1oBhVT1Hoyacu65Iogwouve2AqRLy2MgrRnKa7rEq2Y7nQ_UagNZBSPpkgPTw8tGVjs/s320/lungs-cancer.jpg

Kita sudah mengetahui banyak fakta negatif dari merokok, tapi yang paling kita sering dengar sebenarnya adalah merokok dapat menyebabkan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, yaitu kanker paru-paru. Tapi ternyata selain dari kanker paru-paru, merokok juga dapat mengakibatkan banyak penyakit kanker mematikan lain seperti kanker hidung, mulut, pita suara, tenggorokan, kerongkongan, lambung, pankreas, ginjal, kandung kemih, leher rahim, sumsum tulang belakang, hingga sel darah merah. 

Kenapa rokok sangat berbahaya bagi tubuh? Karena dimulai dari seseorang menyalakan satu buah rokok hanya sampai ia menghembuskan asap pertamanya, dapat menyebabkan berbagai efek buruk dan bencana pada tubuhnya. Dari 41.000 zat kimia berbahaya yang terkandung pada rokok, sebagian besar zat tersebut merupakan zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Zat kimia ini bila dikombinasikan dengan panas dari asap rokok dapat mengakibatkan mutasi sel tubuh sehingga yang tidak terkontrol dan berakhir pada berbagai penyakit mematikan.

Dengan mengetahui berbagai bahaya merokok sebagaimana disebutkan di atas maka baik Anda adalah perokok maupun bukan, setidaknya kita dapat mengajarkan generasi lanjut untuk menghindari bahaya merokok ini.

We Hope You Can Satisfied

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. untung saya bukan perokok.. ngeri juga ya akibat merokok
    http://acemaxs31.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. tapi ada juga manfaat rokok bagi kesehatan, coba cari di goole

    Titan Gel

    ReplyDelete

Name

Aktor Indonesia,2,Aktris Indonesia,14,Android,15,Animasi,1,Anime,28,Aplikasi,2,Arsitektur,1,Artikel,95,Artikel Bugis,8,Artikel Islami,41,Berita,8,Chineese,2,Desain,1,Elektro,2,Elektronika,2,Film,13,Film Barat,8,Film Indonesia,3,Games,4,Home,1,Image Only,11,Industri,1,IOS,3,Java,1,Kesehatan,71,Komik,50,Komik Lucu Bahasa Indonesia,50,Kontes Menulis,1,Kontes SEO,11,Kuis,1,Kuliah,1,LightHOUSE Indonesia,1,Matematika,1,Models,3,Olahraga,49,Profil Artis,18,Review,3,Review Blog,8,Review Games,3,SEO,11,Sepak Bola,60,Simulasi,1,Smartphone,2,Software,1,Story,1,Teknologi,74,Telekomunikasi,1,Template Blog,8,Tes,1,Tips Blogging,13,Tips dan Trik,23,Tokoh,18,Top 10,142,Top 5,28,Tutorial Blog,95,Unik,370,
ltr
item
UShare Blog: Ketahui 10 Dampak Negatif Yang Disebabkan Oleh Rokok
Ketahui 10 Dampak Negatif Yang Disebabkan Oleh Rokok
Rokok akan membuat hidup anda menjadi jauh dari yang namanya hidup sehat. Saya juga mengutip "Bukan hanya anda perokok yang akan menerima dampaknya, namun orang yang juga berada disekitar anda akan ikut menerima dampaknya", Maka dari itu, sayangilah mereka yang berada disekitar anda. Nah, apa sajakah dampak negatif atau bahaya dari rokok?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYT339Dl2pQWAjbHjC-VhAT4gb2almNh-UawiFX1U3Oz99mzMZmS_zEBKQ3jIcc3p03m0IjFNoZmxEfCTVhEldXf92ggaQzs_iQFd2hBFbEgl8E26AIrNBOZPqTKoLyZ20gyzXifkjbK0I/s640/10+Dampak+Negatif+Rokok.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYT339Dl2pQWAjbHjC-VhAT4gb2almNh-UawiFX1U3Oz99mzMZmS_zEBKQ3jIcc3p03m0IjFNoZmxEfCTVhEldXf92ggaQzs_iQFd2hBFbEgl8E26AIrNBOZPqTKoLyZ20gyzXifkjbK0I/s72-c/10+Dampak+Negatif+Rokok.jpg
UShare Blog
http://utility-share.blogspot.com/2015/12/10-dampak-negatif-rokok.html
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/
http://utility-share.blogspot.com/2015/12/10-dampak-negatif-rokok.html
true
7805869321094886971
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content